Blog Single

Pengenalan

Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) adalah salah satu metode analisa failure/potensi kegagalan yang diterapkan dalam pengembangan produk, system engineering dan manajemen operasional.

 

FMEA dilakukan untuk menganalisa potensi kesalahan atau kegagalan dalam sistem atau proses, dan potensi yang teridentifikasi akan diklasifikasikan menurut besarnya potensi kegagalan dan efeknya terhadap proses. Metode ini membantu tim proyek untuk mengidentifikasi potential failure mode yang berbasis kepada kejadian dan pengalaman yang telah lalu yang berkaitan dengan produk atau proses yang serupa. FMEA membuat tim mampu merancang proses yang bebas waste dan meminimalisir kesalahan serta kegagalan.

 

FMEA yang merupakan kepanjangan dari Failure Mode and Effect Analysis adalah suatu manajemen yang mengantisipasi kemungkinan kegagalan suatu proses yang akan berakibat kepada menurunnya suatu hasil produk.

Dengan adanya penerapan FMEA dalam suatu manufacture, defect ratio dari produk yang dihasilkan akan dapat mencapai ratio yang lebih rendah, yang artinya kualitas produk juga akan semakin meningkat.

 

Target Peserta Training FMEA

  • Teknisi, Foreman Maintenance / Engineering, Supervisor Maintenance / Engineering, Kepala Bagian / Kepala Seksi Maintenance / Engineering dan lain-lain.

 

Materi Training FMEA

  • Konsep FMEA
  • Design FMEA
  • Step by Step Penerapan FMEA
  • Aplikasi potensi kegagalan dengan FMEA

 

Metode Pelatihan

  1. Dialog Interaktif / Sharing
  2. Diskusi Grup
  3. Latihan di Kelas
  4. Study Kasus

 

Durasi Training : 1 Hari

 

Manfaat Training FMEA

  • Memahami Konsep dan Design FMEA
  • Mampu menerapkan FMEA
  • Memahami aplikasi potensi kegagalan dengan menggunakan metode FMEA

 

Fasilitator
Trainer dari pelatihan ini adalah tenaga pengajar dengan kualifikasi dan latar belakang dibidang sistem manajeman mutu, terdaftar dan berpengalaman sebagai auditor. Mereka telah memiliki pengetahuan yang luas diberbagai sektor termasuk manufaktur, keuangan, farmasi, kontraktor baik lokal maupun pemerintahan nasional.

 

INFORMASI & REGISTRASI                                                                                                
ACM Jakarta, TIMSCO Indonesia Building 2nd Floor Unit A3A4B

Jl. Kwini No. 1, Senen, Jakarta Pusat 10410
Phone : +6221 – 3483 5291, Fax : +6221 – 3483 5299, Hotline +6282112180088 (Whatsapp), 2B148565 (BBM)

Email : training@acm-indonesia.com, ary@acm-indonesia.com